Senin, 17 Oktober 2011

Hal-Hal yang Mempengaruhi Produksi ASI

iklan1
Hal-Hal yang Mempengaruhi Produksi ASI:

Makanan ibu
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan ibu, apabila makanan ibu secara teratur dan cukup mengandung gizi yang diperlukan akan mempengaruhi produksi ASI, karena kelenjar pembuat ASI tidak dapat bekerja dengan sempurna tanpa makanan yang cukup.
Untuk membantu memproduksi ASI yang baik, makanan ibu harus memenuhi jumlah kalori, protein, lemak dan vitamin serta mineral yang cukup, selain itu ibu dianjurkan minum lebih banyak kira-kira 8 – 12 gelas sehari.

Ketenangan jiwa dan pikiran
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh faktor kejiwaan, ibu yang selalu dalam keadaan tertekan, sedih, kurang percaya diri dan berbagai bentuk ketegangan emosional akan menurunkan volume ASI bahkan tidak terjadi produksi ASI. Ibu yang sedang menyusuipun jangan terlalu banyak dibebani oleh urusan pekerjaan rumah tangga, urusan kantor dan lainnya karena hal inipun dapat mempengaruhi produksi ASI. Untuk memproduksi ASI yang baik harus dapat keadaan yang tenang

Penggunaan alat kontrasepsi
Pada ibu yang menyusui bayinya penggunaan alat kontrasepsi hendaknya diperhatikan karena pemakaian kontrasepsi yang tidak tepat dapat mempengaruhi produkasi ASI.

Perawatan payudara
Perawatan payudara sebaiknya telah dimulai pada masa kehamilan dan pada saat menyusui.
Untuk ibu yang mempunyai masalah puting susu misalnya puting susu masuk ke dalam atau datar, perawatannya dilakukan pada kehamilan 3 bulan sedangkan apabila tidak ada masalah perawatan dilakukan mulai kehamilan 6 bulan sampai menyusui. (Depkes RI, 1993)

Tidak ada komentar: