Senin, 17 Oktober 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu Balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini

iklan1
Gambaran Pengetahuan Ibu Balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini:

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagaimana yang dinyatakan dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 Ayat 14 adalah upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu balita 2-4 tahun tentang Pendidikan Anak Usia Dini di desa Bumi Rahayu Kecamatan Bumi Ratu Nuban.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif guna menggambarkan pengetahuan ibu balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini di desa Bumi Rahayu dengan populasi penelitian yaitu seluruh ibu yang memiliki balita di Desa Bumi Rahayu yang berjumlah 115 orang ibu, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil keseluruhan dari populasi yang ada dengan tehnik total random sampling. Variabel yang diteliti adalah gambaran pengetahuan ibu yang memiliki balita dengan instrumen pengumpulan data angket berupa kuisioner yang dianalisa dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Pengetahuan Ibu Balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini  di Desa Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2010 sebagian besar adalah Baik (57,39%), kemudian Cukup (23,48%), Kurang (18,26%) dan yang terkecil adalah Kurang Sekali (0,87%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Gambaran Pengetahuan Ibu Balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini  di Desa Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2010, secara umum adalah dengan pengetahuan yang baik. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada ibu balita untuk dapat lebih meningkatkan pengetahuan dengan bertanya kepada petugas PAUD yang ada di desanya.

Kata kunci : Pengetahuan, Ibu Balita, PAUD

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Tidak ada komentar: